Membuat Objek Tata Surya 9 planet dan satu matahari dengan menggunakan Processing.
Hallo..
Selamat Datang di Blog Blue Navy.
Kali ini kita akan belajar membuat
program dengan studi kasus membuat objek tata surya 9 planet dan satu matahari
dengan menggunakan processing.
|
Kodingan
: |
Analisis |
|
void setup() {
size(700, 700, P3D); } void draw() {
background(0);
noStroke();
// Translate to center of window to draw the sun.
// sun
translate(width/2, height/2);
fill(#FEFF08);
sphere (30);
pushMatrix();
//merkurius
translate(50, 0);
fill(#A01597);
sphere (10);
//venus
translate(-50, -60);
fill(255, 200, 50);
sphere (15);
//bumi
translate(-60, -20);
fill(#0A10FF);
sphere (20);
//mars
translate(-80, 30);
fill(#F20A0A);
sphere (25);
//yupiter
translate(-50, 80);
fill(#EA780C);
sphere(33);
//saturnus
translate(15, 100);
fill(#988C1C);
sphere (26);
//uranus
translate(80, 85);
fill(#86DDED);
sphere(28);
//neptunus
translate(100, 50);
fill(#1B32AF);
sphere(27);
//pluto
translate(100, 20);
fill(#AF440E);
sphere (5);
popMatrix(); //garis edar
noFill();
stroke(#FFF303);
ellipse(0,0,100,80);
ellipse(0,0,150,120);
ellipse(0,0,220,190);
ellipse(0,0,300,260);
ellipse(0,0,400,330);
ellipse(0,0,470,400);
ellipse(0,0,530,470);
ellipse(0,0,600,530);
ellipse(0,0,650,600); } |
Void
setup () yaitu fungsi yang akan dieksekusi sekali oleh program. Di sini kita
dapat menentukan ukuran kanvas yang dipakai. Saya menggunakan “ size
(700,700, P3D);” dengan lebarnya 700, panjangnya 700 dan P3D untuk membuat
proses 3 dimensi. Void
draw () adalah fungsi yang akan dieksekusi berkali kali oleh program. Untuk
tata surya saya menggunakan warna hitam sebagai background dan noStroke ()
tidak memberi warna pada garis tepi objek. Pertama,
saya akan membuat matahari sebagai pusat. translate(width/2, height/2);
digunakan untuk membuat objek ke tengah dengan cara membagi 2 lebar dan
tinggi. Kemudian untuk fill saya memilih warna kuning, berbentuk bola dengan
ukuran 30 dan pushMatrix(); digunakan menyimpan
sistem koordinat saat ini ke stack. Kemudian
untuk planet merkurius sampai ke planet pluto, saya menggunakan translate
untuk menggeser objek, fill untuk mewarnai
planet dan sphere digunakan membentuk objek bola dan mengubah ukuran. Pada
planet pluto, saya menambahkan popMatrix () yang digunakan untuk
mengembalikan sistem koordinat ke sebelumnya. Untuk
garis edar, noFill () digunakan untuk tidak memberi warna isi pada objek dan
stroke untuk garis tepi berwarna kuning. Ellipse digunakan untuk membuat
garis edar pada setiap planet kecuali matahari dengan ukuran yang dapat
disesuaikan dengan objek planet. |
Output
:


Komentar
Posting Komentar