Membuat Objek Tata Surya 9 planet dan satu matahari dengan menggunakan Processing.

 

Hallo..

Selamat Datang di Blog Blue Navy.

Kali ini kita akan belajar membuat program dengan studi kasus membuat objek tata surya 9 planet dan satu matahari dengan menggunakan processing.

 

Kodingan :

Analisis

 

void setup() {

  size(700, 700, P3D);

}

 

void draw() {

  background(0);

  noStroke();

 

  // Translate to center of window to draw the sun.

  // sun

  translate(width/2, height/2);

  fill(#FEFF08);

  sphere (30);

  pushMatrix();

 

  //merkurius

  translate(50, 0);

  fill(#A01597);

  sphere (10);

 

 //venus

  translate(-50, -60);

  fill(255, 200, 50);

  sphere (15);

 

  //bumi

  translate(-60, -20);

  fill(#0A10FF);

  sphere (20);

 

  //mars

  translate(-80, 30);

  fill(#F20A0A);

  sphere (25);

 

  //yupiter

  translate(-50, 80);

  fill(#EA780C);

  sphere(33);

 

  //saturnus

  translate(15, 100);

  fill(#988C1C);

  sphere (26);

 

  //uranus

  translate(80, 85);

  fill(#86DDED);

  sphere(28);

 

  //neptunus

  translate(100, 50);

  fill(#1B32AF);

  sphere(27);

 

  //pluto

  translate(100, 20);

  fill(#AF440E);

  sphere (5);

  popMatrix();

 

 

//garis edar

  noFill();

  stroke(#FFF303);

  ellipse(0,0,100,80);

  ellipse(0,0,150,120);

  ellipse(0,0,220,190);

  ellipse(0,0,300,260);

  ellipse(0,0,400,330);

  ellipse(0,0,470,400);

  ellipse(0,0,530,470);

  ellipse(0,0,600,530);

  ellipse(0,0,650,600);

}

Void setup () yaitu fungsi yang akan dieksekusi sekali oleh program. Di sini kita dapat menentukan ukuran kanvas yang dipakai. Saya menggunakan “ size (700,700, P3D);” dengan lebarnya 700, panjangnya 700 dan P3D untuk membuat proses 3 dimensi.

 

Void draw () adalah fungsi yang akan dieksekusi berkali kali oleh program. Untuk tata surya saya menggunakan warna hitam sebagai background dan noStroke () tidak memberi warna pada garis tepi objek.

 

Pertama, saya akan membuat matahari sebagai pusat. translate(width/2, height/2); digunakan untuk membuat objek ke tengah dengan cara membagi 2 lebar dan tinggi. Kemudian untuk fill saya memilih warna kuning, berbentuk bola dengan ukuran 30 dan  pushMatrix(); digunakan

menyimpan sistem koordinat saat ini ke stack.

 

Kemudian untuk planet merkurius sampai ke planet pluto, saya menggunakan translate untuk menggeser objek, fill untuk mewarnai  planet dan sphere digunakan membentuk objek bola dan  mengubah ukuran. 

Pada planet pluto, saya menambahkan popMatrix () yang digunakan untuk mengembalikan sistem koordinat ke sebelumnya.

 

Untuk garis edar, noFill () digunakan untuk tidak memberi warna isi pada objek dan stroke untuk garis tepi berwarna kuning. Ellipse digunakan untuk membuat garis edar pada setiap planet kecuali matahari dengan ukuran yang dapat disesuaikan dengan objek planet.

 

 

 

 

Output :





 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencari nilai Maximum dan Minimum dengan menggunakan bahasa C++

Membuat gambar bunga dengan menggunakan Processing

Program C++ Membuat Segitiga Bintang